Halaman

Rabu, 29 Juli 2020

RESUME MOTIVASI BERPRESTASI

Oleh Cicis Wediastriana, S.Pd

Resum pertemuan ke-24

Rabu, 29  Juli  2020

Waktu

19.00-21.00

Pemateri

Lilis Ika, SH

Tema

MOTIVASI BERPRESTASI

Ditulis oleh

Cicis Wediastriana, S.Pd


Salam Literasi, berjumpa lagi dengan saya Cicis Wediastriana. Kali ini saya mengikuti kuliah Online bersama Omjay dan PGRI yang diModerator oleh bapak Bambang P yang biasa disampa Mr. Bams yang berasal dari Bandung.Pemateri hari ini adalah Bunda Lilis Sutikno   dari Kupang Nusa Tenggara Timur beliau di sebut juga dengan guru inspiratif mari kita simak profile beliau

Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH, yang di lahirkan di  Surabaya, 11 Maret 1969. Dengan Pendidikan Terakhir Sarjana Strata 1 IKIP PGRI Surabaya, Fakultas : Pendidikan IPS / Jurusan PMP/Kn   (Lulus tahun 1992),   Sarjana Strata 1 Universitas Wijaya Putra  Surabaya, Fakultas : Hukum, Jurusan Ilmu Hukum   (Lulus tahun 2000). Bekerja sebagai Guru di SMP Negeri 2 Nekamese yang beralamat di  Jalan HR. Koroh, Km. 15,3. Desa Besmarak, Kecamata Nekamese Kabupaten Kupang ,Provinsi  Nusa Tenggara Timur. Email ibugurucantik@yahoo.co.id . Lilissutikno69@gmail.com, Blog : www.guruinspirasintt.com

FB : Lilis Sutikno (Mbak Pipin)

Sebelum bunda Lilis menmaparkan pengaamannya beliau tidak lupa mengucapkan Terima kasih kepada  Om Jay yang telah memfasiliatsi guru – guru dari NTT  di   group ini  hingga ke pelosok negeri. Tak terkecuali di NTT juga. Selain menjadi guru bunda Lilis  adalah instruktur provinsi NTT, mata pelajaran PPKn Jenjang SMP. Juga sebagai Narasumber Literasi daerah perbatasan.beliau adalah salah satu penggerak pemberantas buta Aksara bagi kaum ibu  dan anak –anak di NTT. Meskipun banyak halangan dan rintangan tak mampu menyurutkan langkahnya untuk terus berjuang mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena semangtnya yang tinggi itulah beliau mampu menghandle berbgai aktifitas sosial dan literasi di samping tugas utamanya sebagai abdi negara.  

Medapatkan prestasi bagi bunda Lilis itu hal yang biasa. Mulai dari tingkat daerah sampai tingkat nasional. Suatu prestasi yang luar biasa saat buku hasil karyanya  di pinang oleh teman beliau di Nigeria dengan harga yang fantastis sekitar 100 juta rupiah begitu pula dengan Dubes RI di Denmark juga memesan buku – buku karyanya dengan harga 75 juta ruapiah.

Bunda lilis selalu menuliskan kisahnya melalui media sosial facebook dikala berjuang dengan guru – guru yang ada di kabupaten Nusa Tenggara Timur. Sungguh ini adalah salah satu kegiatan kreatif seorang guru.  Yang paling menginspirasi adalah dengan tulisan beliau melalui medson facebook beliau mampu meraih kemenangan kompetisi terkait dengan kepenulisannya, beliau juga mampu mengalahka pesaing yang telah mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Salah satunya adalah Indonesia Digital Learning (IDL)yang di selenggarakan oleh Telkon dan PGRI.

Melalui berbagai kisah yang beliau ceritakan baik melalui chanel youtube https://youtube.be/xzXOroSOpk ataupn melalui  facebooknya, kita bisa mengambil beberapa pelajaran, di antaranya :

Sebagai seorang guru, sudah sepatutnya kita menjadi guru yang gigih, inspiratif dan tetap bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari. Kita harus ikut berperan aktif dalam meningkatkan mutu pribadi dan komunitas kita dengan memanfaatkan berbagai media online maupun offline yang ada. Baik dengan menjadi seorang blogger, youtuber, facebooker aktif dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat. Jadikan hambatan dan rintangan sebagai pemacu semangat untuk terus berkarya sesuai dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi yang ada.

                Selain itu saat ini saya sedang merampungkan buku Antologi Puisi, juga belajar menjadi editor buku Antologi Puisi, dan sudah terbit, salah satunya adalah


Semua kisah itu beliau di tulis dalam bukunya  GURU adalah INSPIRASI

Serial

·         PELITA KAMPUNG BETA

·         Jejak Juang Guru Desa di NTT

 Teman-teman... Apapun yang Allah berikan kepada kita syukuri, dan nikmati itu sebagai anugerah terindah dari  Allah untuk kita. Lalu lukiskan keadaan apapun yang Allah berikan kepada kita dalam goresan pena kita. Suatu saat goresan pena itu akan membekas pada sanubari dan menjadi sejarah indah bagi generasi kita

Ibu Lilis  bagikan power point nya sebagai bahan  mengajar menulis inspirasi kepada teman-temannya sebagai bekal menjadi Narasumber secara offline kepada sahabat guru.Berikut isi power point yang beliau bagikan  menurut beliau

JENIS TULISAN ADA 2 :

1. Prosa

Prosa adalah tulisan bebas. Dalam Prosa ada fiksi dan non fiksi.

·         Fiksi ditulis berdasarkan daya khayal penulisnya.

Fiksi berupa : Roman, Novel, Cerpen

·         Sedangkan non fiksi berdasarkan fakta

Dalam tulisan non fiksi ada cerita pengalaman (Kisah Inspirasi),Buku pelajaran, dll

2. Puisi

Pengertian puisi merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra ini dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyair.

Dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima, matra dan bait.

MENULIS adalah LUAPAN RASA CINTA YANG TAK SAMPAI

Ahayyy . . .

Puisi juga bisa menginspirasi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik.

So . . .

Menulis inspirasi itu bisa juga menulis puisi sebab Puisi adalah karya sastra yang dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyairnya. Dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima, matra dan bait.

CONTOH PUISI YANG MENGINSPIRASI

SAJADAH PANJANG

Karya Lilis Sutikno

 

Ya Allah . . .

Kubentangkan sajadah panjangku tuk menghadap kepada-Mu

Aku pasrahkan seluruh hidup dan matiku pada-Mu Ya Rabb

Dalam diam aku berdzikir mengharap ridho-Mu Ya Rabb

Dalam diam aku berharap banyak dari-Mu Ya Allah Rabb-ku

Dalam diam aku langitkan nama indah itu pada Allah Rabb-ku

Dalam diam aku terisak ingat kamu di atas sajadah panjangku

Dalam diam aku mengaharap keajaiban itu berpihak padaku

Dalam diam aku sampaikan mimpiku tentangmu kepada Allah Rabb-ku

Dalam diam aku memanggil namamu di atas sajadah panjangku

Dalam diam aku terisak menyayat pilu dihadapan Allah Rabb-ku

Dalam diam meleleh air mataku merindukan dirimu ada untukku

Dalam diam aku tetap terdiam di atas sajadah panjangku . . .

Dalam diam aku sangat jatuh cinta padamu

Dalam diam aku semakin rindu padamu

Dalam diam Tuhan tolonglah aku

Lenyapkanlah dia dari hatiku

Aamiin . . .

9 CARA MENCARI DAN MENDAPATKAN INSPIRASI MENULIS

1. Postingan Teman-Teman Ngeblog

Anda tahu apa yang saya sukai bergaul dengan bloger-bloger amatir? Mereka hampir tidak peduli dengan pembaca. Mereka menulis sesuai kata hati. Dan terkadang, tulisan mereka benar-benar alami dan jenius. Itulah mengapa bloger yang rajin blogwalking tidak akan pernah kehabisan inspirasi.

2. Buku Penulis Terkenal

Kalau ada harta karun bagi penulis, itu pasti karya-karya tulis seperti buku populer. Bacalah buku-buku tersebut untuk menemukan kata-kata jenius, sesuatu yang ingin Anda cantumkan dalam postingan blog Anda, dan Anda akan punya gambaran baru untuk berkreasi.

Terkadang karena paragraf yang bagus atau ide yang bagus, atau kata yang keren, atau kalimat jenius, bagian yang selalu menanti untuk ditemukan di dalam sebuah buku, bisa menjadi inspirasi terbaik.

Anda mungkin tidak menyadarinya ketika membaca buku untuk mendapatkan hiburan, namun ketika Anda mencari inspirasi dan fokus, Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas Anda hari itu juga.

3. Pengalaman Selama Seharian

Sisi positif menulis di malam hari adalah kejadian selama sehari dapat membuat Anda terinspirasi. Seperti menulis diary, hanya saja kita memilah kejadian paling menarik yang kita alami selama seharian penuh.Bisa juga menulis menjelang subuh (pagi hari),    pasti ingatan kita masih fres (segar), untuk  mengingat kejadian kemarennya.

4. Buka Tabungan Ide Anda

Penulis harus punya tabungan ide. Bagaimana pun juga, sama seperti tabungan berupa uang, tabungan ide digunakan ketika keadaan benar-benar terdesak dan deadline sudah hampir tiba. Oleh karena itu, pastikan Anda menabung ide secara konsisten setiap hari.

Ibu Lilis sendiri saat ini masih menyimpan sekitar 80 ide yang siap digunakan kapan pun saya inginkan. Dan itu membuat kehidupan menulis saya lebih tenang untuk dijalani.

Terkadang ada saat inspirasi tidak akan ditemukan begitu saja. Ketika hal tersebut terjadi, maka tabungan ide akan menyelamatkan Anda. Jadi, mulai sekarang catat apapun yang menurut Anda ide cemerlang dan dapat Anda tulis dengan baik kapan pun Anda inginkan.

TAPI NGAT !!! Tabungan ide, jangan semua di obral di sosial media, meski di blog sekalipun.

Why ??? . . .

IDE ANDA ITU MAHAL LHOOO !!!

Namanya tabungan, tetap ada yang harus dirahasiakan!!!

Silahkan baca blog saya yang ini :

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1673147257720694480&useLegacyBlogger=true#editor/target=post;postID=6501019748552057758;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=0;src=postname

5. Menulis Bebas

Bagian yang kita cari, sesuatu yang kita inginkan terkadang sudah ada di dalam pikiran kita. Hanya saja kita tidak mampu melihatnya dengan jelas. Dengan menuliskan semua yang ada di dalam pikiran selama beberapa menit, kita akan mendapatkan teks yang sangat kasar.

Namun disitulah terdapat inspirasi. Anda menginspirasi diri sendiri, dan akan ada saat di mana Anda berteriak “Yeeaaaahhh” dan menemukan ide terbaik yang selama ini bersembunyi di pikiran Anda.

6. Baca Postingan-Postingan Lama Anda (tulisan sendiri)

Ada yang bilang bahwa hampir semua postingan ibu Lilis selalu memiliki link, baik link keluar maupun internal link. Mungkin Anda juga menyadarinya. Saya sudah terbiasa melakukannya sejak blog ini didirikan. Karena saya sering menulis berdasarkan postingan-postingan yang sudah terlebih dahulu terbit.

Bacalah konten-konten lama dan Anda akan menemukan kekurangan-kekurangan atau informasi yang belum komplit. Maka tugas Anda tinggal menulis postingan baru untuk melengkapi postingan yang sudah ada. Dengan begitu, blog Anda bisa menjadi lebih lengkap lagi.

Kalau bisa lakukan hal ini secara rutin. Bukan hanya ketika sedang mencari inspirasi menulis saja. Agar Anda terbiasa melakukannya karena keefektifannya pun tergantung kemampuan masing-masing individu mengembangkan ide yang sudah ada.

7. Tutup Pintu Anda

Dalam bukunya, On Writing, Stephen King menyarankan untuk menulis draft kasar dengan pintu tertutup dan kemudian merevisi dengan pintu terbuka.

Tentu maksudnya bukan benar-benar menutup pintu dan menulis di ruang tertutup, melainkan untuk melupakan apapun hal negatif yang mungkin dipikirkan orang lain ketika menyelesaikan draft pertama.

Tentu tujuannya agar bisa fokus dan optimis tentang masa depan tulisan Anda. Karena jika kita takut tulisan terlihat jelek di mata orang lain terus, kita tidak akan menjadi penulis yang lebih baik selamanya.

Mungkin dengan begitu inspirasi akan datang begitu saja tanpa usaha apapun. Percaya kata hati Anda dan selesaikan pekerjaan Anda, bahkan jika Anda masih berpikir itu merupakan tulisan buruk sekalipun.

8. Dengarkan Pembaca Anda

Mungkin kegunaan terbesar mengapa Anda mempelajari cara-cara mendapatkan komentar di blog atau FB adalah Anda dapat mendengarkan suara orang-orang yang selama ini mengkonsumsi karya Anda.

Kalau Anda sedang tidak terinspirasi, akan sangat berguna jika Anda memperhatikan komentar-komentar yang masuk. Mungkin sebagian tidak terlalu membantu, namun sebagian kecil komentar dapat memicu Anda membuat postingan untuk hari ini.

Kalau blog Anda sudah punya pembaca setia dan mereka aktif berkomentar atau bertanya melalui email, Anda bisa memilih salah satunya dan membuat postingan berdasarkan hal tersebut.

9. Pastikan Anda Bahagia

Mungkin Anda tipe bloger yang menulis berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari sekalipun Anda tidak menguasai topik dengan baik. Itu pembunuh kreativitas nomor satu. Jika Anda menulis dalam keadaan tidak bahagia, maka kualitas tulisan bisa berantakan.

Oleh karena itu, hanya tulis sesuatu yang membuat Anda senang. Tulis tentang passion-passion Anda. Dan Anda akan mendapatkan senjata terkuat untuk menjaring inspirasi apapun untuk menulis konten-konten berkualitas.

Kebahagian merupakan jaminan produktivitas. Kalau tidak bahagia dengan kegiatan menulis, sepertinya Anda belum bisa disebut penulis sekalipun sudah menelurkan banyak karya.

Meskipun Anda akan menuliskan kisah sedih (patah hati) misalnya, tetap hati harus bahagia ketika menuliskannya.

Bahagia menulis ketika Anda sedang patah hati adalah dengan berdoa terlebih dahulu.

Dalam doa ada kekuatan yang luar biasa, tulisan yang diawali dengan doa akan muncul pancaran kekuatan dan tembus kepada pembacanya.

TIDAK PERCAYA ??? . . . COBALAH !!!.

MUKJIZAT TUHAN ITU NYATA BRO !!!.

Menulislah sebab orang menulis tidak akan pernah mati

Berikut kalimat motivasi dari penulis besar dari masa ke masa yang dapat menyemangatimu saat menulis



Imam Al-Ghazali (Ulama termasyur) dengan kalimatnya yang menginspirasi


Kata-kata quote Pramoedya Ananta Toer, yang menginspirasi dunia

"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang lain pandai."



J.K. Rowling (Novelis)

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.


Mulailah dengan menulis agar kamu bisa hidup lebih lama 

Profile penulis: Cicis Wediastriana

Email: wediastrianacicis@gmail.com

Web  : ciciswediastriana.blogspot.com/

Fb     :ciciw wediastriana

1 komentar:

  KECERDASAN IBU MENDIDIK KELUARGA MAMPU MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID -19 Oleh: Cicis Wediastriana Sem...