Halaman

Jumat, 19 Juni 2020

Resume kuliah Online ke 8

RESUME KULIAH ONLINE KE 8, RABU 17 JUNI 2020


Nama Lengkap            : Cicis Wediastriana,S.Pd

Instansi                        : SMA NEGERI 1 MARON

 Pertemuan                  : ke- 6

Waktu                                     : Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pemateri                      :Ibu Teresia Sri Rahayu,S.Pd,SD

Tema                           : Cikgu Tere dan Resume

 

    Hari ini saya mengikuti kuliah online yang ke 8. Kali ini kuliah di buka oleh Omjay yang memberi sekedar cuplikan tentang biodata ibu Tere, Beliau bernama lengkap Teresia Sri Rahayu,S.Pd,SD. Yang di lahirkan di Kuningan tanggal 13 September 1984. Beliau bekerja sebagai guru di instansi SDN WAIHIBUR- KAB.SUMBA TENGAH NTT. Di sampaikan juga oleh Omjay beberapa prestasi yang pernah ibu Tere peroleh diantaranya:

1. Juara 1 Guru berprestasi tingkat kecamatan Padalarang – kab. Bandung Barat tahun2014

2. Juara 2 lomba Guru Berprestasi kab. Bandung Barat tahun2014

3. Juara 3 Lomba guru MIPA tingkat kec. Padalarang tahun2014

4. Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat propinsi NTT tahun 2018

5. Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional tahun 2018

6. Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat Nasional tahun 2018

7. Peserta short course ke Luar Negeri dalam program 1000 Guru Ke Luar Negeri tahun 2019

8. 40 besar penerima dana hibah penelitian pada program teaching challenge tahun 2019

9. Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Matematics  Teacher tingkat international tahun 2019

10. Guru inti terbaik dalam pembekalan Guru inti Program PKP tingkat provinsi NTT tahun 2019

11. Peserta taerbaik dalam bimtek UKS regianal Bali

12. Sahabat rumah belajar  provinci NTT tahun2019

13. Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning model tingkat internationals tahun 2019

14. Kader inti Gerakan Ajarmat/ ayo belajar Matematika Tingkat International tahun 2019

15. Resume terbaik dari KSGN dan pelatihan belajar bersama on jay tahun 2020-06-19

16. Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan penerbit Andi yogyakarta tahun 2020

17. 35 selected participants of advance Online Course SEAMED Qitep in Matematics tahun 2020

Sungguh Prestasi yang luar biasa, kemudian di lanjutkan oleh ibu Aam yang bertindak sebagai moderator yang membantu ibu Fatimah yang sibuk di bus sebelah. Seperti biasa kuliah online ini di mulai dengan pembukaan yaitu salam sebagai tanda menyapa peserta kuliah online, kedua pemaparan materi oleh ibu Tere dan yang ketiga adalah sesi tanya jawab.

 Malam ini kita akan di temani oleh ibu guru yang cantik jelita yang bernama Teresia Sri Rahayu,S.Pd,SD atau yang biasa di sebut dengan ibu Tere.

Dengan ucapan terimakasih atas waktu yang di berikan oleh moderator,  ibu Tere  memulai untuk  sharing  pengalaman dalam membuat resume.

Pertama - tama beliau  menceritakan terlebih dahulu, awal kisah dari pengalamannya dalam membuat resume.

Sekitar bulan Februari, beliau  melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu beliau  belum kenal dgn Om Jay dan juga kegiatan belajar menulis atau yang sering di sebut kuliah online WAG ini.

Beliau pun memberanikan diri untuk bertanya pada Om Jay tentang cara untuk bisa ikut kegiatan belajar menulis, lalu akhirnya saya pun digabungkan dalam grup Belajar Menulis Gelombang 4. Tidak lama setelah beliau bergabung dalam grup tersebut, ada info bahwa nanti malam akan ada materi pertama tentang personal branding. Lalu Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yang sudah memiliki blog. Tujuannya adalah agar setelah menerima materi dari narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing - masing. Om Jay mengatakan bahwa dgn cara ini, kita bisa menebar banyak kebaikan melalui tulisan yang kita bagikan tersebut.

Ketika awal menulis resume, beliau mencoba mengimitasi gaya menulis resume dari  beebarpa orang, namun beliau   merasahasil tulisannya  kaku dan ide - ide tidak bisa mengalir dengan lancar.

Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, beliau  pun mulai menemukan style sendiri dlm menulis resume. Dari situlah akhirnya saya merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Hal yang menjadi kebanggaan bagi beliau sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang di buat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, beliau pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya , sehingga beliau bisa terus memantau trafik pengunjung blog nya. Terus terang, beliau baru mengikuti model pelatihan melalui WAG dan merasa bingung ketika harus membuat resume, adapun saat itu beliau sendiri sudah memiliki blog. Saat itu alamatnya masih https://cikgutere.blogspot.com, blog ini sudah lama dibuat, dan beliau  sendiri lupa persisnya, namun baru beliau  isi sekitar bulan Oktober setelah  termotivasi oleh seorang teman yang juga merupakan seorang blogger.

Lalu beiau mencoba mencari informasi tentangg resume. Cara membuatnya serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumny.  Sedangkan untuk resume hasil belajar menulis, jumlah viewernya bervariasi sekitar ratusan pembaca.

 Resume ibu Tere  yg paling banyak viewernya yaitu 720 orang https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1

Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, beliau punya pengalaman yg unik dan menarik. Ini salah satunya :

            Suatu saat, salah satu narasumber kami , Ibu Lilis Sutikno, beliau adalah guru PPKn di SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kepada kami untuk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendpatkan hadiah dari beliau. Saat itu kondisi di daerah ibu Tere  sedang mati lampu. Sehingga beliau  harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Dan ibu Tere  pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , Ibu Lilis  mengontaknya  dan menyatakan bahwa Ibu Tere  termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau.

 Setelah pengalaman itu, akhirnya beliau termotivasi  dalam menulis pun bertambah dan  termotivasi untuk berprestasi. Motivasi  menulisibu Tere  ada 2 yaitu  berbagi / sharing dan erprestasi.

Dari beberapa resume yg sy buat, ada yg mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :

1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1

2. Resume terbaik : http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html

3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1

[21:00, 6/17/2020] Cicis W: Dan terakhir, sy mendpt penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.

Ternyata, benar apa yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Dan beliau  adalah orang  yang  merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dgn menulis resume. Keajaiban itu datang ketika beliau  dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami utk menulis buku dlm waktu seminggu. Dan saya termasuk satu dari sekitar 21 peserta yang menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya saya yg berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Terus terang ini adalah pencapaian yg luar biasa bagi ibu Tere. beliau merasa berat karena  memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dengan pemberian penghargaan itu. Dan apa yg men khawatirannya pun terjadi. Banyak guru - guru yg menghubungi saya secara japri melalui WA dan messenger sekedar utk meminta tips atau saran dlm menulis.

Merasa  ilmu dan pengalaman masih  sangat minim beliaupun merasa malu namun di sisi lain, beliau  pun harus tetap berbagi dengan  guru lain. Maka, beliaupun pun berusaha utk menjawab pertanyaan2 dr bpk/ibu yg tlh menghubunginya.

Tips menulis resume ala Cikgu Tere :

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self.

3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal copas materi dr chat)

4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dgn kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bhw sejak kecil sy suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat sy bs menulis buku dan buku sy dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"

5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.

6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dr orang lain / blogger yg lain.

   - Menentukan judul resume yg wow

   - Mencari referensi terkait topik

    - Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.

-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari info tentang pemateri yang tulisannya akan kita resume caranya boleh kepo atau stalking terhadapmedsosnya.

 8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text.

9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan  : menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.


4 komentar:

  KECERDASAN IBU MENDIDIK KELUARGA MAMPU MENINGKATKAN KETAHANAN KELUARGA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID -19 Oleh: Cicis Wediastriana Sem...